Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi

EFEKTIVITAS PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN MENCUCI TANGAN ANAK MI NURUL HUDA 2 KECAMATAN PAKIS
Prodi | : STR KEBIDANAN |
Pengarang | : EVA SEPTIANA |
Dosen Pembimbing | : Rita Yulifah, S.Kp.,M.Kes. |
Klasifikasi/Subjek | : , PEER EDUCATION |
Penerbitan | : , MALANG: 2022. |
Bahasa | : INDONESIA |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Pengetahuan terhadap mencuci tangan yang benar sangat dibutuhkan oleh semua kalangan usia termasuk anak-anak. Kurangnya pengetahuan mencuci tangan akan berdampak pada masalah kesehatan terutama pada masa pandemi saat ini yang diharuskan untuk selalu mencuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peer education terhadap pengetahuan mencuci tangan pada anak. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan pendekatan pre-post test nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu 42 siswa yang belum pernah melakukan metode peer education. Pengambilan data dilakukan dengan membagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dengan metode ceramah dan kelompok perlakuan dengan metode peer education. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan U Mann-Whitney. Hasil : pada kelompok ceramah sebelum (73,71±13,21) sesudah (66,00±19,25), dan pada kelompok peer education sebelum (72,85±9,97) sesudah (86,00±5,15). Hasil uji statistik menggunakan Uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai ρ<0,05 pada kelompok ceramah sebesar 0,025<0,05, dan pada kelompok peer education sebesar 0,000<0,05 yang artinya kelompok ceramah maupun kelompok peer education sama-sama memiliki pengaruh terhadap pengetahuan siswa. Pada hasil uji statistik menggunakan U Mann-Whitney nilai ρ<0,05 sebesar 0,000<0,05 yang artinya metode peer education efektif terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang mencuci tangan di MI Nurul Huda 2. Hasil dari penelitian ini adalah metode peer education lebih efektif terhadap tingkat pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini yang sangat berpengaruh yaitu pada edukator, dengan memilih edukator yang baik sesuai kriteria maka akan semakin baik pula hasil yang didapatkan.
Lampiran
[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Kata Pengantar : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File Daftar Lampiran : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]
File Lampiran : [ Unduh ]